produk kosmetik berbahaya :O

Sekarang2 ini banyak banget krim perawatan wajah yang mengatasnamakan nama “herbal” di merk dagangnya. Susu kambing, arbutin, zaitun, gamat, etc lah yg alami2. Tapiiii… Apakah benar produk tsb alami dan gak mengandung mercury & hydroquinon???
Girls, jangan langsung percaya deh begitu ngeliat iklan kosmetik yg katanya bebas mercury & hq itu. Apalagi yg mengiming-imingi kulit muka kita bisa bersih putih kinclong hanya dalam waktu sekejap, sekitar 2 mingguan. Bahkan ada yg mengklaim less than 2 weeks! Yassalam..
Kalo kita pinter sih udah tau ya produk yang kayak gitu PASTI mengandung bahan2 berbahaya. Tapi kadang ada yang kelewat pinter, sampai2 mengesampingkan efek jangka panjangnya demi mendapatkan kulit putih yang instan. (Udah pada tau dong efek dari mercury & hydroquinon sendiri? Jd gak perlu di share ya😀 )
Produk ini sebenernya krim gajebo, alias krim (yang katanya) racikan dokter yang beredar luas di pasaran tanpa izin dari BPOM.

Gw sendiri pernah termakan buaian krim gajebo ini. Kenal dari salah satu temen yg pake, di rekomen karena waktu itu beberapa bulan mendekati wedding day gw. Katanya bagus buat mutihin kulit wajah, gw jg tadinya agak takut. Tapi yaudahlah coba2 pake, gw pikir ga ada salahnya demi muka yg lebih cantik (?). Gw sendiri dapet krimnya dari salah satu salon facial langganan temen gw itu, 190rb/paket udah dapet sabun muka batangan (warna kuning transparan, bentuk bulet), toner (warna coklat keruh wangi2 alkohol), 1 pot krim siang (warna kuning) dan 1 pot krim malam (warna putih).

Dan memang benar! Hanya dalam waktu 2 mingguan, muka gw keliatan putiiih banget, sampe2 nyokap gw bilang putihnya kayak mayat! Dan calon suami gw juga ikut protes kenapa muka sama tangan gw warnanya beda jauh banget, OMG! Akhirnya tanggung karena sayang, gw abisin lah sepaket itu, kira2 sebulan. Absolutely NO repurchase.

And guess what? Setelah stop pake krim gajebo itu, muka gw jadi balik ke semula, even worst! Kusam, dekil, malah ada jerawat kecil2. Oh noooo, gw nyesel banget :(( mana udah deket sama hari-H. Akhirnya gw bodo amat lah, muka nggak gw pakein apa2, toh nanti pas hari-H di make up juga jadi gak keliatan tuh jerewi.
Cuma waktu itu sempet facial di daerah Depok (Liz skin care), di rekomen tante gw katanya bagus. Disana dapet sabun muka & acne gel gitu, alhamdulillah jerawat dikit2 minggat.. Tapi abis merit udah ga treatment lagi.. (Ini malah jadi curhat?)

Back to topic..
Gw pernah nonton suatu acara tv yg ngebahas ttg krim2 wajah gajebo, alamaaak! Serem banget! Sampe2 yang ngeracik itu pun gak berani apply di kulitnya sendiri! Dan akhirnya gw gugling ttg krim kiloan.
What? Apaan lagi tuh krim kiloan? Macem krim sabun colek aja dikiloin x_x

Ternyataaa, kebanyakan (atau semua gw gak tau pasti) dari krim gajebo ini tuh krim kiloan yang dipakein merk dagang sendiri! Makanya rata2 warnanya sama, putih-kuning. Tapi gw nggak bilang seluruh krim putih-kuning itu krim kiloan ya.. Nyatanya sekarang ada juga krim gajebo yg dikasih warna ijo, pink, etc untuk memperoleh kesan “herbal”nya, dan ternyata nggak terdaftar di BPOM. OMG! x_x
Mereka beli kiloan dengan harga yg murah banget, dan dijual dengan harga yg lumayan. Sekitar 150k sampe ada yg 500k loh! Wiiiih untung besar!

Tapi pedagang2 gitu memang gak berperasaan, mereka tega mengesampingkan efek buruk kesehatan konsumen demi keuntungan semata, hiks😥

Makanya girls, kalo bisa jangan deh coba2in pake krim2 gajebo kayak gitu.. Sebagai konsumen, kita harus pinter. Kasian nanti kulit kita. Mungkin efeknya nggak dalam waktu dekat, tapi ngeri banget kan kalo di kemudian hari nanti bisa kanker kulit? Idiiih amit-amiiit!
Kalo mau wajah & tubuh terawat, lakukan perawatan pake bahan2 yg bener2 alami aja.
Atau kalo mau tetep pake kosmetik, coba cek no BPOMnya terdaftar nggak? Bisa cek di http://www.pom.go.id

Yaudahlahyaaa.. Banyak banget sih postingan gueee.. Bagi yg butuh keterangan lebih lanjut, bisa ceki2 ke mbah gugel atau forum2 kecantikan ya..

Salam cucok😉

Posted from WordPress for BlackBerry.

4 thoughts on “produk kosmetik berbahaya :O

  1. mamaku beli tuh krim gajebo, 750rb sepaket, lebih mahal dari yang ‘seharusnya’ juga… #sigh
    untungnya ketauan pas baru beli, jd lsg kuumpetin, hehehe..
    make krim gajebo emang efeknya begitu, coba buka forum femaledaily deh, ada thread khusus buat ngebahasnya biar gak kejebak

Leave a Reply

